anak perawan (ng)ilang gara2 facebook!!

Huduhh huduuuhh.. sungguh kenyataan yang bikin saya (dan saya yakin sebagian besar dari anda semua juga) ngurut dada.. ngeri bener gan.. anak gadis se-umuran SMP sampe Kuliahan yang notben masi imut lucu dan menggemaskan, harus jadi korban dari kencan-buta yang di-comblangin sama situs pertemanan terpopuler di Indonesia ntuh.. ga jarang dari mereka yang (na’udzubillah) “diperkaos“!! aaarrrggh.. ini nihh sebagian dari korbannya:

  1. Marieta Nova Triani (14) sejak Sabtu (6/2) menghilang dari rumah keluarganya di Cluster Alamanda Blok L 14, Bumi Serpong Damai. Siswa salah satu SMP di Surabaya itu diduga dibawa pergi teman lelaki yang dikenalnya melalui Facebook. kompas.com
  2. Aisyah Safira (juga 14 tahun) menghilang empat hari yang ternyata dibawa lari pemuda bernama Airlangga (21), warga Ngawi, Jawa Timur yang ternyata kekasihnya. Keduanya, dibekuk polisi di sebuah hotel di Cibitung, Kabupaten Bekasi, beberapa hari lalu. Tapi, pemuda pengangguran ini sempat menyetubuhi Asiyah sebanyak empat kali. (astaghfirullah!!) metrobalikpapan.co.id
  3. Rohmatul Latifah Asyhari (16), remaja putri warga Desa Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Jombang. Siswi SMAN Jogoroto tersebut menghilang, diduga dibawa lari seorang lelaki yang baru dikenalnya lewat Facebook. Bahkan, sangat mungkin Latifah menjadi korban perdagangan perempuan. smpraq-bangil.com
  4. Rakhma Safitri (19) mahasiswi Akademi Kebidananan (Akbid) Bakti Asih Purwakarta hilang karena situs facebook. Meski belum dipastikan siapa penculiknya, namun orang tua menduga, hilangnya Rahma diduga diakibatkan kedekatannya dengan sesorang yang dikenal lewat jejaring sosial itu. metrobalikpapan.co.id

dan banyak lagi yang lainnya.. bahkan, laporan dari pihak Komnas HAM diperoleh lebih dari 100 orang anak yang hilang akibat pertemanan facebook (Masya Allah!!).. nah trus?? kita biarin gitu aja?? dieeem gitu?? pura pura ga tau?? ouh come on.. jangan sampe deee kita ato adek kita yang jadi korban..

trus gimana.. blokir facebook??  hukum facebooker?? banting komputer?? (halaaahh lebayy..) gini aja deh ada beberapa tips yang saya dapet dari ngais2 lewat Oom Google yang mungkin aja bisa dipraktekin..

  1. ga usah lengkap2 dee.. terlalu lengkap memasang profil atau data diri di Facebook beresiko juga lohh.. soalnyahh.. semakin lengkap profil terpasang semakin berisiko pula data diri kita disalah-gunakan.
  2. Jangan memasang foto-foto diri Anda yang sekiranya Anda sendiri tidak akan merasa nyaman apabila foto tersebut tersebarluaskan secara bebas. Ingatlah, walau foto tersebut “hanya” diposting di akun Facebook Anda, sebenarnya itu sama saja dengan menyebarlukaskan foto tersebut ke publik. Sekali terposting dan tersebar, maka sangat sulit (dan nyaris mustahil) Anda bisa mencabut foto Anda dari Internet. Maka, selektiflah dalam berpose dan memposting foto Anda.
  3. berteman di dunia maya juga mustii pilih-pilah jeeng.. Jangan sembarangan ‘add friend’ atau ng-approve permintaan teman (friend request). Liat fotonya, profilenya, liat “teman yang sama” nya, pastikan bener2 klo dia orang baik2.. (hhe..)
  4. Jangan sembarangan terima tag photo. Bolehlah kita “banci tagging“, tetapi berupayalah lebih selektif. Artinya, sekali Anda terjun ke Facebook, rajin-rajinlah memeriksa “keadaan sekeliling”. Karena kita kadang menemukan foto diri kita yang di-upload dan di-tag oleh orang lain, padahal kita tidak suka foto tersebut disebarluaskan. Segera saja kita “untag” diri kita dari foto tersebut dan kalau perlu minta teman kita yang melakukan upload foto tersebut untuk mencabutnya.
  5. Jangan tunda-tunda, ketika Anda menemukan data atau profil Anda digunakan oleh pihak lain untuk hal-hal di luar kontrol Anda, segeralah bertindak. Membiarkannya, justru akan membuatnya makin berlarut dan berdampak destruktif, setidaknya untuk kenyamanan diri sendiri. Laporkan langsung ke pengelola layanan untuk segera mencabut informasi aspal (asli tapi palsu) tersebut. Atau, mintalah bantuan pada orang atau pihak yang sekiranya bisa atau paham bagaimana mengatasi hal di atas.
  6. Jangan mudah termakan bujuk rayu orang yang baru Anda kenal di Facebook. apalagi dengan mudahnya nerima ajakan buat kopi darat/ ketemuan.. Karena perlu Anda ingat bahwa seringkali orang menyamarkan identitas aslinya di dunia maya. Apa yang tampak di dunia maya seperti Facebook belum tentu cerminan asli perilaku diri di dunia nyata. Bisa jadi orang yang tampak baik, sopan di Facebook ternyata memiliki watak sebaliknya di dunia nyata. Oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dengan teman yang baru dikenal di dunia maya.

written by Donny B.U., penggiat kampanye “Be Wise While Online” dalam program Internet Sehat – ICT Watch. Untuk artikel terkait lainnya, dapat dibaca di http://www.ictwatch.com/internetsehat atau http://www.internetsehat.org

trus buat ortu2 dan para kakak yang sayang adek ini niiihh tips buat melindungi anak perawan kita biar ga diembat ma penyamun-online..

  1. Usahakan anda mempunyai internet di rumah.. yahh biar kita lebih gampang awasi dia pas online.. ada kok yang murah.. speedy salah satunya..
  2. Awasi setiap kali anak online.. ya ga usah dipantengin teruslaahh.. duduk di dekatnya.. ato minimal cek tiap jamnya..
  3. Jangan taruh computer yang ada internetnya di kamar anak.. taruhlah ditempat yang mana anda bisa dengan mudah mengawasi pas dia lagi online..
  4. Usahakan anda juga punya akun facebook dan jadilah friendnya.. nahh dengan gini anda bisa gampang ngecek akunnya.. dia update status apa.. ada apa di wall-nya.. dia upload apa..
  5. Jangan biarkan dia ber-kopi darat dengan orang yang belum dikenalnya.. ato klo dia ngotot pengen ketemu?? dampingi dan awasi..
  6. yang terpenting bukan hanya melarang ato mengawasi buah hati kita saat ber-Facebook ria.. bekali buah hati kita dengan pendidikan agama, agama adalah benteng dari segala jenis kejahatan dan maksiat.. dan beri dia cukup kasih sayang di rumah biar dia ga cari kasih sayang dari tempat yang salah..

yaphh.. that’s all.. semoga anda dan orang2 yang kita sayangi selamat dari negative-side internet dan facebook..

Iklan

2 responses to “anak perawan (ng)ilang gara2 facebook!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s